Selasa, 07 Januari 2020

Profil Kabupaten Bener Meriah





Lambang Kabupaten Bener Meriah

Moto: Musara Pakat 




Peta lokasi Kabupaten Bener Meriah di Aceh
Koordinat: 04°45' LU
97°00' BT
Provinsi Aceh

Ibu kota                  Simpang Tiga Redelong

 Luas 1.454,09 km²
- Kode area telepon 0655
- Bandar udara Bandar Udara Rembele
Pembagian administratif
- Kecamatan 10[
- Kelurahan -
- Desa 232 gampong
Situs web http://www.benermeriahkab.go.id

Kabupaten Bener Meriah adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran Kabupaten Aceh Tengah yang terdiri atas tujuh kecamatan. Kabupaten Bener Meriah yang beribu kota di Simpang Tiga Redelong memiliki luas 1.919,69 km² terdiri dari 10 Kecamatan dan 233 desa. Penduduk terbesar di wilayah ini adalah suku Gayo, suku Aceh, dan suku Jawa. Bahasa Gayo, bahasa Aceh, dan bahasa Jawa dipakai oleh sebagian besar penduduk selain bahasa Indonesia.

Sejarah

Kabupaten Bener Meriah merupakan Kabupaten termuda dalam wilayah Provinsi Aceh, yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Tengah, Berdasarkan undang- undang No. 41 tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bener Meriah di Provinsi Aceh. Diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri tanggal 7 Januari 2004 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Tengah.

Etimologi

Kata Bener kemungkinan berasal dari kata bandar yang berarti kota, sedangkan Meriah berarti ramai/sejahtera (gemah ripah), sehingga Bener Meriah dapat memiliki arti Bandar (kota) yang ramai/sejahtera, Bener juga dapat berarti Benar sehingga dapat diartikan benar-benar ramai/sejahtera, Meriah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berasal dari kata Riah yang berarti ramai yang bersifat suka ria, atau upacara (kebesaran, kemuliaan, kemegahan, perayaan, berwarna, ceria, beragam, dan sebagainya). Bener Meriah juga sering dikaitkan dengan nama anak Raja Linge.


Kecamatan
  1. Bandar
  2. Bener Kelipah
  3. Bukit
  4. Gajah Putih
  5. Mesidah
  6. Permata
  7. Pintu Rime Gayo
  8. Syiah Utama
  9. Timang Gajah
  10. Wih Pesam

Wilayah yang memiliki daerah terluas yaitu Kecamatan Syiah Utama dengan luas wilayah 792,71 Km² atau 41,29%, sedangkan untuk wilayah yang memiliki daerah terkecil yaitu Kecamatan Bener Kelipah dengan luas wilayah 19,75 Km² atau 1,08%.


Sumber : id.wikipedia.org
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar