Jumat, 31 Januari 2020

Profil Negara Nauru




{{{coat_alt}}}
Lambang

Semboyan"God's will first"
(Inggris: "Dahulukan Kehendak Tuhan")
Lagu kebangsaanNauru Bwiema
"Nauru, our homeland"


Lokasi Nauru
Ibu kotaTidak ada (de jure)
Distrik Yaren (de facto)[a]
Kota terbesarDenigomodu
Bahasa resmiNauruan
English
Kelompok etnik
  • 58% Nauruan
  • 26% Pasifik lokal
  • 8% Eropa
  • 8% Tiongkok
DemonimNauruan

Kemerdekaan   31 Januari 1968

Luas
 - Total
21 km2 (8,1 sq mi) (193rd)
 - Perairan (%)
0.57

Mata uangDolar Australia
(AUD)
Zona waktu
(UTC+12)
Lajur kemudikiri
Kode telepon+674
Kode ISO 3166NR
Ranah Internet.nr
  1. ^ Nauru tidak memiliki ibukota resmi, tetapi Parlemen berada di distrik Yaren.

Nauru, secara resmi Republik Nauru, dan sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant, adalah sebuah negara kepulauan di Mikronesia di Pasifik Tengah. Tetangga terdekatnya adalah Pulau Banaba di Kiribati, 300 kilometer (186 mil) ke timur. Selanjutnya terletak di barat laut Tuvalu, sebelah utara Kepulauan Solomon, timur laut timur laut Papua New Guinea, sebelah tenggara Negara Federasi Mikronesia dan selatan Kepulauan Marshall. Dengan 10.084 penduduk di daerah seluas 21 kilometer persegi (8.1 sq mi), Nauru adalah negara terkecil di Pasifik Selatan dan negara bagian ketiga terkecil menurut wilayah di dunia, hanya di belakang Vatican City dan Monaco


Ditetap oleh orang-orang dari Mikronesia dan Polinesia c 1000 SM, Nauru dianeksasi dan diklaim sebagai koloni oleh Kekaisaran Jerman pada akhir abad ke-19. Setelah Perang Dunia I, Nauru menjadi mandat Liga Bangsa-Bangsa yang dikelola oleh Australia, Selandia Baru dan Inggris. Selama Perang Dunia II, Nauru diduduki oleh tentara Kekaisaran Jepang, yang kemudian diserobot oleh pasukan Sekutu di seluruh Pasifik. Setelah perang usai, negara tersebut masuk ke dalam perwalian PBB. Nauru memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1968.


Nauru adalah pulau batu fosfat dengan simpanan kaya di dekat permukaan, yang memungkinkan operasi penambangan strip mudah. Ini memiliki beberapa sumber fosfat yang tersisa, yang pada tahun 2011, tidak layak secara ekonomis untuk ekstraksi.[8] Nauru membanggakan pendapatan per kapita tertinggi yang dinikmati oleh negara berdaulat manapun di dunia pada akhir 1960an dan awal 1970an. Ketika cadangan fosfat habis, dan lingkungan pulau itu telah dilanda serius oleh pertambangan, kepercayaan yang telah ditetapkan untuk mengelola kekayaan pulau itu berkurang nilainya.

 

Etimologi

Nama "Nauru" kemungkinan berasal dari bahasa Nauru, Anáoero, yang berarti "saya pergi ke pantai". Pendatang asal Jerman menyebut pulau ini Nawodo atau Onawero. 

 

Geografi

Nauru adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan, 42 kilometer bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Jarak dari Pulau Papua ke Nauru kira-kira sebanding dengan jarak dari Pulau Papua ke Pulau Jawa. Pulau Nauru dikelilingi oleh terumbu karang yang dapat dilihat saat surut. Terumbu karang menjadi pembatas pantai berpasir dan perairan dalam.

 

Ekologi

Penampakan Nauru dilihat dari udara.


Fauna jarang ditemukan di pulau ini karena kurangnya tumbuh-tumbuhan dan akibat dari penambangan fosfat. Banyak burung asli hilang atau menjadi langka karena terjadi kerusakan pada habitatnya.[16] Ada sekitar sekitar 60 spesies tumbuhan berpembuluh asli yang tercatat dari pulau ini, tidak ada tumbuhan endemik. Pekebunan kelapa, pertambangan, dan spesies introduksi telah sangat mengganggu perkembangan tumbuh-tumbuhan.[13]
Tidak ada tanah mamalia asli, tetapi ada serangga, kepiting tanah, dan burung asli, termasuk endemik Nauru reed warbler. Tikus Polinesia, kucing, anjing, babi, dan ayam telah diperkenalkan ke Nauru dari kapal para pelaut.[17] Keanekaragaman biota lautnya menjadikan memancing sebagai kegiatan yang populer bagi para wisatawan di pulau ini, selain selam skuba dan snorkeling.

 

Pembagian Administratif


Nauru dibagi menjadi 14 distrik, yaitu:

Grup Etnis


58% orang di Nauru beretnis Nauruan, 26% lainnya Kepulauan Pasifik, 8% Eropa, dan sisanya 8% adalah etnis Han,Tiongkok.

 

Bahasa


Bahasa resmi Nauru adalah Nauruan, sebuah bahasa di Kepulauan Pasifik yang khas, yang dituturkan oleh 96% etnis Nauruan di rumah.[22] Bahasa Inggris digunakan secara luas dan merupakan bahasa pemerintahan dan perdagangan, karena bahasa Nauruan tidak digunakan di luar negeri

  

 

Agama


Agama mayoritas di pulau ini adalah Kristen berdasarkan sensus nasional 2011, dengan denominasi Gereja Kongregasi Nauru 36%, Katolik Roma 33%, Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah 13%, Gereja Independen Nauru 10%, dan gereja-gereja dari denominasi lainnya yang kurang dari 1%.[24] Konstitusi Nauru mengatur kebebasan beragama. Pemerintah telah membatasi praktik keagamaan dari denominasi Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir dan Saksi-Saksi Yehuwa, yang ummatnya kebanyakan adalah para pekerja asing yang dipekerjakan oleh Nauru Phosphate Corporation milik pemerintah.[25] Orang-orang Katolik secara pastoral dilayani oleh Keuskupan Tarawa dan Nauru, dengan wilayah yurisdiksi yang berpusat di Tarawa, Kiribati.

 

Olahraga


Sepak bola Australia adalah olahraga paling populer di Nauru — bersama dengan olahraga angkat berat dianggap sebagai olahraga nasional negara tersebut. Liga sepak bola Australia di Nauru memiliki delapan tim. [30] Olahraga lain yang populer di Nauru adalah bola voli, bola jaring, memancing, dan tenis. Nauru berpartisipasi dalam Pesta Olahraga Persemakmuran dan Olimpiade sejak 1996 dalam cabang angkat besi dan judo.[31]
Tim bola basket nasional Nauru di ajang Pesta Olahraga Pasifik Selatan 1969, berhasil mengalahkan tim bola basket nasional Kepulauan Solomon dan tim bola basket nasional Fiji.
Rugbi 7 semakin populer dalam dua tahun balakangan ini, sehingga mereka sekarang memiliki tim nasional rugbi 7.

 

Hari Libur


Hari Kemerdekaan dirayakan pada tanggal 31 Januari

 

Kesehatan

Warga Nauru sedang berjalan di sekitar Bandar Udara Internasional Nauru. Orang-orang Nauruan adalah yang paling banyak menderita masalah kegemukan di dunia.

Berdasarkan ukuran indeks massa tubuh (BMI) Orang-orang Nauruan adalah orang yang paling kelebihan berat badan di dunia;[38] 97% pria dan 93% wanita menderita obesitas atau kegemukan.[38] Pada 2012 tingkat obesitas mencapai 71,7%.[39] Obesitas di Kepulauan Pasifik adalah hal biasa.
Nauru memiliki tingkat penderita diabetes melitus tipe 2 tertinggi di dunia, dengan lebih dari 40% populasi terkena dampaknya.[40] Masalah menonjol yang terkait dengan diet makanan di Nauru adalah penyakit gagal ginjal dan gagal jantung.

 

Transportasi

  - Udara

Pulau ini sepenuhnya dilayani oleh Bandar Udara Internasional Nauru. Layanan penumpang disediakan oleh Nauru Airlines dengan Pacific Air Express yang juga melayani kargo. Penerbangan beroperasi lima hari dalam seminggu ke bandara yang terhubung dengan baik seperti Bandar Udara Brisbane dan Bandar Udara Internasional Nadi.



Sumber : id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar