Jumat, 24 Januari 2020

Profil Kabupaten Pemalang




Lambang Kabupaten Pemalang

Moto: Pemalang IKHLAS
(Indah, Komunikatif, Hijau, Lancar, Aman, Sehat)



Peta lokasi Kabupaten Pemalang di Jawa Tengah
Koordinat: 109°17'30"–109°40'30" BT dan 8°52'30"–7°20'11" LS



Logo Branding Kabupaten Pemalang


Provinsi Jawa Tengah
Hari jadi 24 Januari 1575
Dasar hukum UU No. 13 Tahun 1950
Ibu kota Kota Pemalang
Luas                 996,09 km2
Demografi
- Bahasa Jawa, Indonesia
- Kode area telepon 0284
Pembagian administratif
- Kecamatan 14
- Kelurahan 222
Simbol khas daerah
- Flora resmi Srigading
- Fauna resmi Burung Kacer
Situs web www.pemalangkab.go.id


Pemalang adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Kota Pemalang. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Pekalongan di timur, Kabupaten Purbalingga di selatan, serta Kabupaten Tegal di barat.

Hari Jadi dan Sesanti

 

Sebagai suatu penghomatan atas sejarah terbentuknya Kabupten Pemalang maka pemerintah daerah telah bersepakat untuk memberi atribut berupa Hari Jadi Pemalang. Hal ini selalu untuk memperingati sejarah lahirnya Kabupaten Pemalang juga untuk memberikan nilai-nilai yang bernuansa patriotisme dan nilai-nilai heroisme sebagai cermin dari rakyat Kabupaten Pemalang.


Salah satu alternatif penetapan hari jadi Kabupaten Pemalang ialah pada saat diumumkannya pernyataan Pangeran Diponegoro untuk mengadakan perang terhadap Pemerintahan Kolonial Belanda, yaitu tanggal 20 Juli 1823. Namun, berdasarkan diskusi para pakar yang dibentuk oleh Tim Kabupaten Pemalang, hari jadi Pemalang adalah tanggal 24 Januari 1575, atau bertepatan dengan Hari Kamis Kliwon tanggal 1 Syawal 1496 Je 982 Hijriah. Keputusan tersebut selanjutnya ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Dati II Kabupaten Pemalang Nomor 9 Tahun 1996 tentang Hari Jadi Kabupaten Pemalang. Tahun 1575 diwujudkan dengan bentuk Surya Sengkala Lunguding Sabda Wangsiting Gusti yang mempunyai arti harfiah: kearifan, ucapan/sabdo, ajaran, pesan-pesan, Tuhan, dengan mempunyai nilai 5751. Sedangkan tahun 1496 Je diwujudkan dengan Candra Sengkala Tawakal Ambuko Wahananing Manunggal yang mempunyai arti harfiah berserah diri, membuka, sarana/wadah/alat untuk, persatuan/menjadi satu dengan mempunyai nilai 6941.


Adapun Sesanti Kabupaten Pemalang adalah Pancasila Kaloka Panduning Nagari, dengan arti harfiah lima dasar, termashur/terkenal, pedoman/bimbingan, negara/daerah dengan mempunyai nilai 5751

 

 Kecamatan


Kabupaten Pemalang terdiri atas 14 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dankelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kota Pemalang. Di samping Pemalang, kota-kota kecamatan lainnya yang cukup signifikan adalah Comal, Petarukan, Ulujami, Randudongkal dan Moga. Kecamatan di Kabupaten Pemalang yaitu:
  1. Ampelgading
  2. Bantarbolang
  3. Belik
  4. Bodeh
  5. Comal
  6. Moga
  7. Pemalang
  8. Petarukan
  9. Pulosari
  10. Randudongkal
  11. Taman
  12. Ulujami
  13. Warungpring
  14. Watukumpul

Kabupaten Pemalang kebanyakan merupakan suku Jawa. Di bagian barat dan selatan, penduduknya bertutur dalam bahasa Jawa dialek Tegal, sedangkan di bagian timur seperti di Petarukan, Comal, Ulujami, Ampelgading dan Bodeh bertutur dalam bahasa Jawa dialek Pekalongan.

Wisata


Salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Pemalang adalah Pantai Widuri


 Sumber : id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar