Kamis, 16 Januari 2020

Sejarah Reli Dakar




Otosia.com - Setiap bulan Januari, balap mobil paling ganas dan berat sedunia yang pernah ada, reli Dakar, dimulai selama 2 minggu.


Adalah Amoury Sport Organizaton yang pada tahun 1978 mengadakan sebuah lomba reli yang terbuka bagi kaum amatir dan profesional.


Dinamakan Rally Paris Dakar karena Rally ini menempuh perjalanan dari Paris, Prancis untuk startnya dan Finis di Dakar, Senegal.


Lomba menempuh perjalanan darat dari Benua Eropa lalu berubah iklim di benua Afrika yang gersang tandus dan sebagian besar berupa Gurun. Lomba yang membutuhkan Ketrampilan fisik pengemudi, ketangguhan mesin mobil, Kecanggihan alat navigasi, Kecerdasan teknisi dalam menemukan setingan mesin dan mobilnya, dan juga melibatkan kekompakan tim.




Reli Dakar terbagi dalam berbagai kelas. Yang pertama adalah kelas sepeda motor.


Mulai tahun 2014 batas kapasitas mesin pada sepeda motor adalah 450cc, di mana kategorinya dibagi menjadi dua yaitu Kelompok Elite (Group 1) dan Kelompok Non elite (Group 2) dan dimana Group 2 dibagi lagi menjadi Group Super Production ( Group  2.1) dan Group Marathon (Group 2.2) Yang membedakan dari Group tersebut adalah Aturan Penggantian suku cadang yang rusak waktu lomba berlangsung.


Kelas kedua adalah kelas Quads. Sebelum tahun 2009 Quads merupakan bagian dari kelas dari sepeda motor, sementara kelas dari quads dibagi menjadi dua subkelompok - Kelompok  yang memiliki penggerak roda dua dengan mesin silinder tunggal dengan kapasitas maksimum 750cc , dan Kelompok yang memungkinkan penggerak roda empat dengan kapasitas mesin maksimum 900cc.




Kelas mobil sendiri terdiri dari kendaraan berat kurang dari 3.500 kg, yang Kemudian dibagi menjadi beberapa kategori. Group T1 terdiri dari dibagi lagi sesuai dengan tipe mesin ( bensin atau diesel ) dan jenis Pengerak Roda ( penggerak roda 2 atau penggerak roda 4). Group T2 Group terdiri dari, yang dibagi lagi menjadi kategori mesin bensin dan diesel. Group T3 Group adalah Kendaraan Ringan. Kelas diatas  bobot kendaraan 3500kg, yang dibagi menjadi beberapa kategori seperti Kelas Seri Produksi (T4-1), Kelas Modifikasi (T4-2)  dan Kelas T5 (Kelas Truck dengan dukungan tertentu)




Dari berbagai tahun, reli Dakar selalu berubah-rubah. Pada awalnya, dapam rentang tahun 1978 hingga 1981, rutenya adalah dari Paris ke Dakar. Mulai tahun 1982 hingga 1988 reli dakar melewari Algeria. Sedangkan pada 1989 melewati Tunisa dan pada 1990 sampai 1992 rutenya melewati Tripoli. Mulai tahun, reli dimulai di Granada, Spanyol dan berpindah lagi ke Lisbon, Portugal pada 2006. Pada Tahun 2008 ketika situasi keamanan memburuk dengan ancama di daerah yang dilalui reli adalah daerah Afrika yang melintasi daerah Timur Tengah yang sedang berkecamuk perang maka reli pun di tiadakan. dan Kemudian diadakan lagi tahun berikutnya yaitu tahun 2009, dan kemudian berganti nama Reli Dakar, Yang mengambil rute medan di Negara Argentina dan Cile. Misal tahun 2009 mengambil rute Bueinos Aeres - Valparaiso - Buenos Aeres dan tahun 2014 mengambil rute  Rosario - Santa Fe -Salta –Valparaíso




Reli Dakar disebut sebagai ajang balap terganas karena sudah banyaknya korban meninggal dalam perjalanan reli Dakar. Secara keseluruhan sekitar 60 orang , termasuk 27 penonton , telah meninggal di Dakar Rally. Peserta yang berhasil finis pun biasanya kurang dari separuh jumlah starter. Bagi kebanyakan peserta, berhasil mencapai garis finis saja sudah menjadi pencapaian yang hebat.


Sumber : www.otosia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar