Sabtu, 21 Maret 2020

Profil Negara Namibia


{{{coat_alt}}}
Lambang
SemboyanUnity, Liberty, Justice
(Inggris: "Persatuan, Kebebasan, Keadilan")
Lokasi Namibia
Lokasi Namibia
Ibu kota
Windhoek
Bahasa resmiInggris

Kemerdekaan

• Dari Afrika Selatan
21 Maret 1990
 - Perairan (%)
dapat dihiraukan
Mata uangDolar Namibia (N$)
(NAD)
Zona waktuWaktu Afrika Barat (WAT)
(UTC+1)
 - Musim panas (DST)
UTC+2 (Waktu Musim Panas Afrika Barat (WAST))
Lajur kemudikiri
Kode telepon+264
 Ranah Internet            .na


Republik Namibia (bahasa Afrikaans: Republiek van Namibië, German: Tentang suara ini Republik Namibia ) adalah sebuah negara di Afrika bagian barat daya tepatnya di pesisir Atlantik. Negeri ini berbatasan dengan Angola dan Zambia di sebelah utara, Botswana di timur dan Afrika Selatan di selatan. Namibia merdeka dari Afrika Selatan tahun 1990 sehingga menjadi salah satu negara termuda di dunia. Ibu kotanya ialah Windhoek.
Pada akhir abad ke-19 selama penjajahan Eropa, Kekaisaran Jerman mendirikan kekuasaan atas sebagian besar wilayah sebagai protektorat pada tahun 1884. Lalu mulai mengembangkan infrastruktur dan pertanian, dan dipelihara koloni Jerman ini sampai tahun 1915, ketika pasukan Afrika Selatan mengalahkan militernya. Setelah akhir Perang Dunia I, pada tahun 1920 Liga Bangsa-Bangsa mengamanatkan negaranya untuk Inggris, di bawah administrasi Afrika Selatan. Ini diberlakukan hukum-hukumnya, termasuk klasifikasi rasial dan aturan. Dari tahun 1948, Partai Nasional terpilih untuk berkuasa, Afrika Selatan diterapkan apartheid kepada yang dulu dikenal sebagai Afrika Barat Daya. Pada tahun 1878 Koloni Tanjung Harapan telah mencaplok pelabuhan Walvis Bay dan Kepulauan Penguin; ini menjadi bagian integral dari Uni Afrika Selatan baru dalam pembentukannya pada tahun 1910.
Pada abad ke-20, pemberontakan dan tuntutan perwakilan politik oleh aktivis politik asli Afrika yang menginginkan kemerdekaan mengakibatkan PBB mengasumsi tanggung jawab langsung atas wilayah tersebut pada tahun 1966, tetapi Afrika Selatan mempertahankan dengan aturan de facto. Pada tahun 1973 PBB mengakui Organisasi Rakyat Afrika Barat daya (SWAPO) sebagai perwakilan resmi rakyat Namibia; partai didominasi oleh suku Ovambo, yang merupakan mayoritas besar di wilayah itu. Setelah perang gerilya berterus-terusan, Afrika Selatan memasang pemerintahan sementara di Namibia pada tahun 1985. Namibia memperoleh kemerdekaan penuh dari Afrika Selatan pada tahun 1990. Tapi Walvis Bay dan Kepulauan Penguin tetap berada di bawah kendali Afrika Selatan sampai tahun 1994.
Namibia terbagi menjadi 13 wilayah: Caprivi, Erongo, Hardap, Karas, Kavango, Khomas, Kunene, Ohangwena, Omaheke, Omusati, Oshana, Oshikoto dan Otjozondjupa. Gurun Namib yang besar dan kering membuat Namibia menjadi salah satu negara paling tidak padat penduduknya di dunia. Namibia mempunyai stabilitas politik, ekonomi dan sosial yang tinggi.

Sejarah


Sebelum kemerdekaannya pada tahun 1990, daerah tersebut dikenal sebagai Afrika Barat Daya Jerman (Deutsch-Südwestafrika), kemudian sebagai Afrika Barat Daya, yang mencerminkan pendudukan kolonial oleh Jerman dan Afrika Selatan (secara teknis atas nama mahkota Inggris mencerminkan status kekuasaan Afrika Selatan dalam Imperium Britania).

Geografi


Geografi Namibia dalah kondisi geografi negara Namibia di benua Afrika bagian selatan.[1] Namibia dibatasi oleh dua sungai besar di sebelah utara, yakni Sungai Kunene dan Sungai Okavango.[1] Sungai Kwando mengalir melalui Caprivi Strip dan Sungai Zambesi mengalir di wilayah timur laut.[1] Sungai Orange mengalir di perbatasan sebelah selatan.[2] Walaupun banyak dialiri sungai, Namibia merupakan negara yang kering dan bencana kekeringan sering pula terjadi.[2] Perbatasan sebelah barat membentang 950 mil (1500 km) di sepanjang pesisir Samudra Atlantik.[2] Gunung-gunung pasir yang besar dari Gurun Namib terbentang di sepanjang pesisir.[2] Gurun Kalahari melingkupi bagian timur Namibia.[2] Wilayah Namibia sebagian besar merupakan dataran bergelombang dengan ketinggian 1200 m di atas permukaan laut.

Demografi


Demografi Namibia adalah kondisi masyarakat negara Namibia di benua Afrika bagian selatan.[1]
Sekitar 75% rakyat Namibia tinggal di daerah pedesaan dan 25% tinggal di daerah urban atau perkotaan.[1] Etnis kulit hitam mencakup 90% populasi dan orang kulit putih sekitar 7%.[1] Kelompok masyaraklat kulit hitam namibia terdiri atas beberapa kelompok etnis. Populasi terbesar adalah suku Ovambo.[1] Suku Ovambo memiliki persentase hampir separuh populasi Namibia.[1] Mereka tinggal di bagian utara, dekat perbatasan Angola yang dinamakan Ovamboland atau Ovambo.[2] Suku-suku yang tinggal di daerah utara lain adalah Kavango, yang menempati wilayah sekitar Sungai Okavango.[2] Suku Caprivi tinggal di sebelah timur.[2] Sementara itu, suku Damara dan Herero mendiami wilayah bagian tengah Namibia.[2] Suku Bushmen (San) dan Tswana menempati daerah perbatasan di sebelah timur.[2] Dua kelompok masyarakat berdarah campuran yang dinamakan Suku Baster dan Suku Nama tinggal di wilayah bagian selatan.[2] Orang kulit putih Namibia adalah orang dari Afrika Selatan yakni etnis keturunan Belanda, Inggris dan Jerman


Sumber : id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar