Selasa, 23 Juni 2020

Profil Negara Luksemburg


{{{coat_alt}}}
Lambang
SemboyanMir wëlle bleiwe wat mir sinn
(Luksemburg: "Kami ingin tetap berada di mana kami sekarang")
Lokasi Luksemburg
Lokasi Luksemburg
Ibu kota
Kota Luksemburg
Bahasa resmi
Mata uangEuro (€)
(EUR)
Zona waktuWaktu Eropa Tengah (CET)
(UTC+1)
 - Musim panas (DST)
UTC+2 (Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST))
Lajur kemudikanan
Kode telepon+352
Kode ISO 3166LU
Ranah Internet.lu


Luksemburg /ˈlʌksəmbɜrɡ/ atau resminya Keharyapatihan Luksemburg (bahasa Prancis: Grand-Duché de Luxembourg, bahasa Jerman: Großherzogtum Luxemburg, bahasa Luksemburg: Groussherzogtum Lëtzebuerg) adalah sebuah negara yang tidak berbatasan dengan laut di Eropa bagian barat laut, berbatasan dengan Prancis (perbatasan panjang 73 km), Jerman (panjang perbatasan 138 km) dan Belgia (panjang perbatasan 148 km). Merupakan negara dengan luas 2.586 kilometer. Sejak 1815, Luksemburg merupakan satu satunya negara di dunia yang masih dipimpin oleh adipati atau haryapatih sebagai kepala negara.

Geografi


Luxembourg adalah salah satu negara terkecil di Eropa. Dia berada pada peringkat ke-167 dalam ukurannya dibandingkan negara-negara lainnya. Negara ini luasnya sekitar 2.586 km². Luxembourg berbatasan dengan provinsi Luxembourg milik Belgia di sebelah barat, yang luasnya sebesar 4.443 km², hampir dua kali luas negara ini.
Di utara, bagian-bagian dari Ardennes, berbukit-bukit dan gunung-gunung dengan ketinggian rendah, dengan Buurgplaatz sebagai titik tertinggi pada 559 m. Bagian lain dari negara ini juga berbukit-bukit.
Perbatasan timur Luxembourg dibentuk oleh tiga sungai, Moselle, Sauer/Sûre dan Our.

Pembagian Administratif


Pembagian administratif Luksemburg terdiri dari duabelas kanton (bahasa Prancis: cantons, bahasa Jerman: Kantone, bahasa Luksemburg: Kantounen)
Groothertogdom LuxemburgKantons.png
Berikut adalah daftar Kanton dalam bahasa Prancis: ' dan bahasa Luksemburg: ' (lokasi sesuai nomor pada peta dan tanda kurung):
Dalam Distrik Diekirch:

Dalam Distrik Grevenmacher:

Dalam Distrik Luksemburg:

Ekonomi


Ekonomi yang stabil, berpendapatan tinggi mencirikan pertumbuhan yang moderat, inflasi rendah, dan tingkat pengangguran yang rendah pula. Sektor industri, yang hingga belakangan ini didominasi oleh baja, kini semakin beranekaragam dan mencakup pula kimia, karet, dan produk-produk lainnya. Dalam beberapa dasawarsa terakhir, pertumbuhan dalam sektor finansial telah lebih dari menggantikan penurunan dalam baja. Sektor jasa, khususnya perbankan, menyumbangkan proporsi yang bertumbuh dari ekonomi. Agrikultur didasarkan pada pertanian kecil yang dimiliki keluarga-keluarga. Luxemburg secara khusus mempunyai hubungan dagang dan finansial yang erat dengan Belgia dan Belanda, dan sebagai anggota Uni Eropa juga menikmati keuntungan-keuntungan dari pasar Eropa yang terbuka. Luxembourg memiliki PDB per kapita tertinggi di dunia, sebesar US$87.955 (2005). Tingkat pengangguran 4,4% dari seluruh angkatan kerja pada Juli 2005.

Demografi


Penduduk Asing di Luksemburg

 

COB Luxembourg.PNG

Populasi asing yang tinggal di Luxembourg saat ini berjumlah lebih dari 238.800, setara dengan 44,5% dari total populasi (dibandingkan 17% pada tahun 1960an).[4] Imigran ini adalah warga negara Uni Eropa yang paling banyak (terhitung lebih dari 90%), sejauh ini sebagian besar berasal dari Portugal, Italia dan dua negara tetangga, Prancis dan Belgia. Selama beberapa tahun, juga terjadi peningkatan jumlah imigran dan pencari suaka dari negara-negara Eropa Timur, dan terutama republik baru telah muncul dari bekas Yugoslavia (Bosnia dan Herzegovina, Serbia dan Montenegro). Imigran ini mencakup sebagian besar kaum muda. Imigran (terutama pencari suaka) memiliki dampak yang kuat terhadap tingkat kelahiran, terhitung hampir 50% kelahiran di Luksemburg.
Perincian yang lebih rinci berdasarkan kewarganegaraan menunjukkan bahwa masyarakat Portugis masih merupakan kelompok terbesar, yang mencakup lebih dari sepertiga populasi asing. Populasi Italia telah stabil selama sepuluh tahun terakhir dengan perkiraan 20.000. Sekitar 47.000 orang asing berasal dari negara-negara perbatasan (Prancis, Belgia dan Jerman).
Pada tahun 2014 perkiraan populasi warga Rusia di Luksemburg adalah 5.000. Sekolah Sabtu Rusia Luxembourg, Kalinka, melayani siswa kelas 3-12 dan mencakup kelas bahasa dan budaya Rusia. Pada tahun 2014, ada 160 siswa dan 22 guru di sekolah tersebut.[5]
Sekolah Tambahan Jepang di Luksemburg(ルクセンブルグ補習授業校 Rukusenburugu Hoshū Jugyō Kō) is a Japanese supplementary school dioperasikan di negara ini,[6] melayani siswa usia 6-15 tahun. Acara diadakan di International School Luxembourg dan pada tahun 2014 memiliki sekitar 60 siswa. Operasinya di ISL dimulai pada tahun 1991.

 

Bahasa

 

Situasi bahasa di Luxemburg dicirikan oleh praktik dan pengakuan terhadap empat bahasa resmi: bahasa Prancis, Jerman, Belanda dan Luxemburg, sebuah bahasa Franconi dari wilayah Moselle yang mirip dengan bahasa Jerman.
Sekitar 10% penduduknya adalah keturunan Portugis dan menuturkan bahasa Portugis.

 

Agama

 

87%dari penduduk Luksemburg beragama Katolik Roma dan sisanya 13% adalah Protestan, Yahudi, dan Islam.

Sumber : id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar